Cara menghilangkan goresan di mobil – Anti baret pada mobil

Bagi pemilik mobil pribadi, goresan yang ada pada bodi mobil, meskipun sedikit, pastilah mengganggu. Seringkali memang ada-ada saja penyebab mobil tergores atau yang lebih parah muncul baret pada mobil. Padahal, cara menghilangkan goresan di mobil sebenarnya sangatlah mudah. Jadi jangan buru-buru panik mengetahui mobil kesayangan tergores.

Ada banyak penyebab munculnya goresan pada mobil. Mulai dari terkena batu kerikil, terkena ranting,  duri, ataupun tanaman lainnya ketika dijalan, tersenggol sepeda motor, kurang hati-hati ketika parkir atau saat keluar dari parkiran, mengenai tiang pagar rumah, kena cakaran ayam atau kucing, atau bahkan sengaja di gores orang lain misalnya oleh anak-anak ketika mereka bermain.

Sebelum kami membagikan tips cara menghilangkan goresan pada mobil, perlu kami jelaskan bahwa jenis goresan pada mobil dapat kita bagi menjadi 3, yaitu goresan ringan, goresan sedang, dan goresan dalam. Goresan ringan tidak melukai susunan cat sedangkan goresan sedang sudah mengenai cat dasar. Adapun goresan dalam selain menembus lapisan cat dasar juga bahkan telah (melukai hatiku) mengenai logam bodi mobil.

gambar cara menghilangkan goresan di mobil

Yang akan kami jelaskan lebih detail di artikel kali ini adalah cara mengatasi goresan ringan pada mobil. Untuk goresan sedang penanganannya lebih sulit yaitu permukaan yang tergores harus dibersihkan dahulu dengan grease remover dan wax, lalu di cat ulang.  Sedangkan goresan dalam malah lebih ekstrim yaitu dengan mengamplas bagian yang tergores lalu di semprot cat mobil yang sudah dicampur thinner. Untuk goresan sedang dan dalam ada baiknya diserahkan ke tangan bengkel cat mobil yang Anda percayai.

Jadi, tentukan lebih dahulu apakah goresan atau baret pada mobil tsb bisa Anda tangani sendiri ataukah harus membayar tenaga jasa bengkel mobil. Cara mengetahuinya adalah dengan mengukur kedalaman goresan tsb. Apakah sedikit saja ataukah sudah dalam sampai ke cat dasar mobil atau bahkan sudah menyentuh logam body mobil.

Cara menghilangkan goresan/ baret di mobil (goresan ringan)

1. Pertama-tama bersihkan atau cuci body mobil yang tergores supaya debu dan kotoran yang menempel hilang. Setelah bersih, keringkan dengan lap kering atau bisa dengan kanibo.

2. siapkan produk pemoles (wax, scratch remover, kompon, swril remover). Oleskan atau semprotkan pemoles tsb pada kain lembut atau bisa juga kain microfiber. Kemudian gosokkan pada bodi mobil yang tergores secara berulang-ulang. 

Produk pemoles ini dapat Anda dapatkan dengan mudah di bengkel mobil atau bahkan di mini market. Di Alf* M**t dan Ind*ma*et biasa nya ada. 
baca juga : harga sarung jok Honda mobilio
Perlu diingat, jika Anda menggunakan kompon, tolong “dosisnya” jangan banyak-banyak, seperlunya saja. Sebab prinsip kerja kompon ini adalah mengikis lapisan cat secara halus, jadi apabila dipakai berlebihan dapat merusak struktur cat mobil.

3. Setelah goresan atau baret terlihat menghilang, sempurnakan dengan menyemprotkan cairan polish yang bermanfaat untuk membuat cat mobil kembali terlihat bersih dan bercahaya.

Bagaimana? mudah bukan? Selain mudah, tentunya murah dan dapat dilakukan dengan cepat. Dan juga, untuk menjaga cat mobil supaya tidak pudar, selalu cuci mobil tiap selesai terkena hujan atau pada pagi hari apabila mobil diparkir di luar ruangan. Sebab hujan dan embun pagi yang mengenai mobil dapat membuat permukaan body mobil retak berkerak.

Demikianlah cara menghilangkan goresan pada mobil yang ampuh dari kami. Gunakan kain/ lap yang bersih dari pasir atau partikel lainnya yang dapat menggores mobil itu sendiri. Semoga artikel ini bermanfaat, dan sampai jumpa!
Back To Top