Cara mencuci mesin mobil yang Benar – Ampuh membersihkan mesin mobil Anda

Mesin merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Kondisi mesin yang baik akan membuat perjalanan lancar, tidak macet dsb. Terkadang kita hanya memperhatikan kebersihan body dan interior mobil, padahal mesin mobil juga harus dirawat supaya tetap bersih. Sebagian orang belum mengetahui bagaimana cara mencuci mesin mobil yang benar.

Jika kita lihat secara sepintas, pada bagian mesin mobil terdapat berbagai komponen kelistrikan yang tentunya sangat riskan terkena air sebab dapat mengakibatkan konslet. Disinilah diperlukan pegetahuan yang benar tentang cara membersihkan mesin mobil yang aman. Salah dalam mencuci, mesin bisa-bisa mogok tidak mau jalan karena komponen mesin yang mengalami konsleting bisa rusak dan tidak berfungsi lagi. Pepatah mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”.

Mesin mobil memang sering dalam keadaan tertutup namun debu bisa masuk karena debu dari luar dihisap atau terbawa kipas radiator. Selain itu jika kita melewati jalan yang berair/ berlumpur, cipratan air kotor bisa mengenai mesin melalui lubang spakbor.

Dulu, ketika penulis baru pertama membeli mobil, sempat heran ketika melihat mesin mobil orang lain yang sangat bersih mengkilap. Timbul pertanyaan dalam hati, bagaimana cara membersihkannya? Mau nanya langsung takut dibilang kuper. Akhirnnya mobil Daihatsu Xenia penulis sempat beberapa bulan dibiarkan saja dalam kondisi berdebu. Paling sesekali di lap sedapatnya.
gambar cara mencuci mesin mobil

Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Benar dan Aman

Sebelum melakukan pencucian, pastikan dulu mesin dalam kondisi mati dan hangat (tidak panas). Mencuci mobil dalam keadaan mesin mobil menyala, sangatlah berbahaya. Sebaiknya hidupkan mesin sebentar sekitar 15 menit sampai mesin hangat supaya kerak-kerak yang menempel mudah terlepas. 

Kemudian sediakan engine degreaser atau jika tidak ada, cairan pencuci piring merk sun**ght ataupun sabun colek bisa dipakai. Siapkan juga spons/ lap/ kanibo untuk membersihkan dinding ruang mesin dan bagian bawah kap mesin, lalu untuk blok mesin pakai kuas atau sikat kecil.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengamankan bagian-bagian kelistrikan yang kita takutkan terjadi konsleting, misalnya dinamo starter, aki, kabel, kotak sekring, distributor, altenator, sensor, dll. Sebenarnya bagian-bagian ini sudah dirancang pihak pabrikan supaya aman dari semprotan air, hanya saja dikhawatirkan bagian tsb tidak rapat lagi. Daripada mengambil resiko, akan lebih baik jika kita berhati-hati.

Caranya adalah dengan memanfaatkan kantong plastik ataupun aluminium foil lalu gunakan untuk menutupi bagian-bagian yang kita takutkan bisa terjadi konslet. Jika menggunakan plastik, ikat plastik tadi dengan karet gelang atau isolasi supaya air tidak masuk.

Selain bagian kelistrikan, tutupi juga bagian intake udara. Periksa juga tutup oli mesin dan tongkat pengecek oli apakah sudah terpasang dengan baik, jangan sampai air ikut masuk kedalam dan bercampu dengan oli mesin.

2. Semprotkan air atau siram ke bagian-bagian mesin. Cara menyemprotnya dengan tekanan yang rendah saja dan juga lakukan di bagian yang mudah dulu seperti di bagian bawah kap mobil.
baca juga : harga sarung jok mobil Mbtech
3. Untuk bagian inti mesin, gunakan cairan engine degreaser tadi. Cairan ini merupakan cairan khusus pembersih mesin mobil. Cairan pembersih mesin mobil ini dapat merontokkan kotoran berupa oli, debu, dsb. Setelah disemprotkan dengan cairan khusus tsb, diamkan dan tunggu kira-kira 10 menit. Untuk meratakan cairannya gunakan kuas, sikat gigi, ataupun sikat kecil.

4. Setelah dicuci dengan engine degreaser atau cairan pencuci piring, segera bilas sampai bersih. Langkah terakhir adalah keringkan dengan lap chamois / kanibo.

Bagaimana pembaca sekalian? Mudah bukan cara mencuci mesin mobil yang benar? Apabila Anda masih ragu ataupun terbatas waktu, bisa gunakan jasa salon mobil. Tanyakan juga garansi hasil  pengerjaan untuk siap-siap jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Semoga penjelasan kami dapat diterima dengan baik dan dapat membantu Anda dalam membersihkan mesin mobil. Semoga bermanfaat.
Back To Top