Ukuran Ban Motor Yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Memodifikasinya

Ukuran Ban Motor - Performa sepeda motor akan sangat bergantung dari penggunaan ban. Ban memang merupakan komponen sepeda motor yang langsung bersentuhan dengan jalan aspal. Pada ban lah faktor keselamatan, pengendalian, pengereman, dan akselerasi bergantung. Jenis, karakteristik, dan ukuran ban memang sudah disesuaikan dengan kebutuhan mesin, optimalisasi dan fungsi kendaraan. Jadi jika Anda mengubah ban yang kurang sesuai dengan ukuran aslinya tentu akan membuat kendaraan Anda juga akan mengalami performa yang kurang maksimal. 

Menggunakan ban yang diperbesar atau yang diperkecil yang berbeda dengan ukuran aslinya dapat membahayakan si pengendara jika tidak sesuai lagi dengan ukuran pelek. Karena dengan penggunaan pelek yang kurang sesuai dengan ukuran ban tentu saja akan membuat kendaraan Anda menjadi tidak lancar ketika digunakan. Terlebih lagi penggunaan pelek dan ukuran yang berbeda akan membuat ban terlihat lebih tinggi sehingga jika digunakan akan memiliki risiko selip. Karena itu penting sekali mengetahui berapa ukuran ban motor ideal. Baik untuk ukuran ban motor matic, ukuran ban motor bebek, maupun motor sport.

gambar ukuran ban motor 1

Cara membaca ukuran ban motor.

Bagi orang awam, melihat ukuran ban motor secara langsung mungkin akan terlihat membingungkan. Lalu bagaimana sebenarnya cara membaca ukuran ban motor tsb? Ukuran ban motor dijelaskan kedalam 2 kode ukuran ban, yaitu kode metric dan kode imperial. Contoh kode metric yaitu 120/70-17 67H sedangkan contoh kode imperial yaitu 4.60-H-18 4PR.  

Berikut penjelasan untuk contoh kode metric 120/70-17 67H ;
Angka 120 menunjukkan lebar ban dalam satuan milimeter. 70 menunjukkan perbandingan lebar ban dengan tinggi ban. Dalam contoh diatas berarti tinggi ban adalah = 70% x 120 = 85,2 mm. Semakin kecil angka perbandingan antara tinggi dan lebar ban, maka akan semakin baik karena stabilitas dan handling jadi meningkat. Angka 17 menunjukkan ring vel motor atau diameter velg motor dalam satuan inchi. 67 menunjukkan kriteria beban maksimum yang boleh di tanggung yakni sebesar 307 Kg (sesuai data Load Index/ Li), sedangkan H berarti batas kecepatan maksimum yang diperbolehkan yaitu 210 Km/ jam.
baca : 5 leasing mobil terbaik di Indonesia
Dan berikut penjelasan untuk contoh kode imperial 4.60-H-18 4PR ;
4.60 berarti lebar ban dalam satuan inchi. Sama seperti kode metric diatas, H menunjukkan batas kecepatan maksimum. 18 menunjukkan diameter velg motor. 4PR menunjukkan kekuatan ban berdasarkan kekuatan serat kain ban atau ply rating. 4PR berarti kekuatan ban setara dengan 4 lapisan kain ban.

gambar ukuran ban motor 2


Untuk membedakan mana ban depan dan ban belakang, kita bisa melihat kode huruf yang ada pada ban tsb. Kode F merupakan singkatan dari kata front yang berarti ban depan, sedangkan apabila menjumpai kode R (rear) berarti itu ban belakang. 

Daftar Ukuran Ban Motor sesuai standar pabrikan motor

gambar ukuran ban motor 3

Masing-masing pabrikan sepeda motor sudah memiliki aturan tentang penggunaan ban yang sesuai dengan aturan pabrik. Berikut ini adalah standar penggunaan ban depan dan ban belakang dari tiga besar pabrikan sepeda motor di Indonesia yaitu Suzuki, Honda dan juga Yamaha ;

Yamaha 
Untuk pabrikan Yamaha ini hampir untuk model sepeda motornya menggunakan ukuran ban depan yang memiliki selisih yang tidak jauh berbeda. Untuk model Yamaha Mio ini penggunaan ban depan menggunakan ukuran 70/90 – 14 NF 59 dan ukuran ban belakang adalah 80/90 – 14 NR 76. Ukuran ban ini juga akan berbeda dengan model Yamaha Traill yang menggunakan ukuran ban depan 2.75 – 19 TR dan penggunaan ban belakang dengan ukuran 3.00 – 18 T. 

Honda
Untuk penggunaan model Vario, Beat dan Scoopy, penggunaan ban depan maupun ban belakang memiliki kemiripan. Untuk ban depan menggunakan ukuran 80/90 – 14 NR 80 TL yang memang dikhususkan untuk motor matic. Ban belakang untuk ketiga model motor matic ini adalah 90/80 – 14 NR 80 TL. Untuk motor Honda Mega Pro sendiri penggunaan ban depan menggunakan ukuran 2.75 – 18 NF 25 dan penggunaan ban belakang adalah 300 – 18 NR 25.

Suzuki 
Untuk Pabrik Suzuki ini memiliki standar ukuran ban depan yang memiliki ukuran 70/90 – 14 NF 15 untuk sepeda motor Spin. Sedangkan untuk ukuran ban belakang adalah 90/80 – 14 NR 76. Tentunya untuk sepeda motor yang lain akan mengalami perbedaan yang disesuaikan dengan kapasitas motor tersebut. Untuk motor Suzuki yang modelnya adalah Thunder 125 menggunakan ban depan dengan ukuran 80/90 – 17 NR 57 dan ban belakang dengan  ukuran 90/90 – 18 NR 57. 

Demikianlah informasi ukuran ban motor. Jika Anda ingin memodifikasi ban motor Anda mungkin sebaiknya dapat dilakukan dengan menaikkan satu level ukuran ban motor. Jika ingin dilebihkan sebaiknya mengganti pelek sekalian agar ketika berkendara dapat lebih merasa aman dan juga nyaman. Apabila ada pertanyaan sehubungan dengan ukuran ban sepeda motor, jangan sungkan untuk bertanya dengan cara mengisi kolom komentar dibawah. Terimakasih.
Back To Top